Definisi Pengantar Teknologi
Informasi
Pengantar Teknologi informasi dibagi menjadi 2 bagian
yaitu :
Teknologi
Dalam sejarah peradaban kehidupannya, manusia sebagai
makhluk yang berakal senantiasa berusaha mendapatkan taraf hidup yang
lebih baik dari waktu ke waktu. Dalam proses pencapaian hal tersebut, manusia
memanfaatkan kemampuan akal yang dimilikinya. Dengan usaha dan pengalaman yang
ada, manusia mendapatkan/menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan (knowledge).
Setelah mempunyai ilmu pengetahuan manusia pun berusaha untuk menerapkan ilmu
pengetahuan tersebut menjadi sesuatu yang nyata. Sesuatu yang berfungsi untuk
mempermudah manusia dalam menjalani kehidupannya. Itulah teknologi. Teknologi
merupakan sebuah hasil dari penerapan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk
mempermudah manusia dalam menjalani kehidupannya.
Informasi
Informasi erat kaitannya dengan kejadian, fakta, dan
objek yang dapat dideskripsikan. Informasi sendiri dapat diartikan sebagai
suatu hasil pengolahan data menjadi lebih bermakna. Sebagai contoh, rangkaian
data yang didapatkan oleh wartawan stasiun televisi akan diolah sedemikian rupa
sehingga menjadi informasi yang bermakna. Informasi tersebut selanjutnya akan
disebarluaskan oleh reporter melalui siaran berita. Abad 21 yang sedang kita
jalani ini merupakan era informasi. Disebut sebagai era informasi dikarenakan
informasi begitu banyak dan semakin mudah untuk didapatkan
Jadi, Teknologi Informasi itu apa sih ??
Berdasarkan pada pembahasan sebelumnya, sebenarnya
dapat disimpulkan secara sederhana bahwa PTI merupakan segala sesuatu apapun
yang dapat membantu manusia dalam penyampaian dan penyebarluasan informasi.
Namun kesimpulan tersebut terlalu luas dan terlalu umum untuk digunakan di
zaman sekarang. Pada zaman dulu, kertas mungkin menjadi salah satu perangkat
PTI yang menjadi primadona masyarakat dunia. Lalu diikuti dengan ditemukannya
mesin cetak oleh Guttenberg yang membuat para penulis di zaman itu tidak usah
berpegal-pegal menulis buku . Sejarah perkembangan PTI terus
bergulir hingga akhirnya sampai pada era internet dengan menggunakan komputer
tentunya
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori
(seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil
informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan
komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu,
dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka
biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah
instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai
contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar,
suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu
sell dinamakan sebuah byte.Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali –
memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan
dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat
dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara
hebat – dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan
kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet
permanen ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan
transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses
arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.
Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan
storan bagi melaksanakan arahanarahan berkaitan. Berkas:CPU with pins.jpg Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA)
ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan
sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam
komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu
(IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit
(ALU) adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan
aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR,
NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua
slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata. Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh
komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi
(dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan
kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol
pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali
kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer
bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Input dan hasil atau yang sering di sebut I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia
luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau
non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard,
monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web,
printer, scanner, dan sebagainya. Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa
mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah
lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi
yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital
adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi adalah perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti
bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang
dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah
“menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456″, “menambahkan isi sel 666
ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013″, dan “jika isi sel 999 adalah 0,
perintah berikutnya anda di sel 345″. Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk
“menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang
didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam
prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara
langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi”
yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program
komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman
berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat
rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak
yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat
tinggi).
Arsitektur komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam
satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU.
Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang
kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer
adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat
I/O. Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di
atas di satu hal utama – mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara
bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud
penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial. Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup
sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah
dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk
dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi
jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu [[Personal
computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3
milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa
mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka
melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai,
“programmer.” “Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk
melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat
set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain.” Dewasa ini, kebanyakan
komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya
diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah
dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua
dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering
diserahkan ke sebagai irisan waktu (timeslice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan
secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana
film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah
program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode
yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh
beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya
menmindahkannya ke dalam sistem operasi. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan,
kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem
operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu
mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Penggunaan Komputer digital pertama, dengan ukuran dan biaya yang
besar, sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain
untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri),
menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan
bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945
sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch,
memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I,
komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat
penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik
besar. Yang lainnya juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer
elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa
pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan
lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai
komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas
yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia – misalnya, memelihara dan memperbarui
rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang
mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer
membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis,
organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk
menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang
mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan
ke sebagai perkebunan server. Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin
menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas,
termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan
dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan,
Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah
melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain. Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur
memprogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil,
pesawat terbang, dan perlengkapan
industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat
seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk
kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil).
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak
(software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
- Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
Perangkat lunak
Sistem operasi adalah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna
dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows,
dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi
program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta
instalasi software.
Program komputer Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan
sistem operasinya Slot pada komputer :
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan) .
Ada 10 Jenis komputer yang diketahui antara lain sebagai berikut :
- Komputer analog
- Komputer pulsa
- Mikrokomputer
- Komputer rumah (home computer)
- Komputer pribadi (PC)
- Server
- Minikomputer
- Mainframe computer
- Superkomputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar